Cincin Nikah

Tips Memilih Cincin Nikah yang Awet dan Berkualitas

Bagi pasangan calon pengantin yang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat, maka sudah seharusnya mereka melakukan berbagai persiapan termasuk memilih cincin nikah yang pas dan sesuai keinginan. Hal tersebut harus dipersiapkan jauh-jauh hari mengingat biasanya cincin tersebut harus dipesan terlebih dahulu agar ukurannya pas dan modelnya limited edition.

Cara Memilih Cincin Nikah yang Baik dan Benar

Walaupun terdengar sepele, namun sebenarnya memilih cincin nikah bukanlah merupakan perkara gampang. Bahkan, beberapa pasang calon pengantin dibuat pusing tujuh keliling karena kebingungan dalam melakukan pemilihan cincin. Oleh sebab itu, alam pembahasan kali ini akan diberikan beragam tips supaya mereka lebih mudah untuk memilih cincin yang tepat.

1. Mengidentifikasi Lebih dalam Tentang Jenis Logam Mulia Cincin

Karena cincin pernikahan sifatnya abadi, maka pastikan jika calon pengantin memilih logam mulia yang berkualitas tinggi sebagai bahanya. Misalkan saja, mereka bisa memilih cincin dengan bahan dasar emat 24 karat, emas kadar 99, dana tau emas kadar 700. Hal ini memang memiliki harga mahal, tetapi dijamin kualitas dan keawetannya tidak akan berubah selama puluhan tahun.

Akan tetapi, jika memang budget yang disediakan calon pengantin tidak cukup untuk membeli emas dengan kadar yang tinggi, maka menggunakan emas dengan kadar sedang juga bisa dilakukan. Di samping itu, menggunakan jenis cincin dengan logam mulia perak juga menjadi pilihan lain.

2. Mempertimbangkan Ukuran Logam Mulia Sesuai Budget

Sebelum membeli cincin, pastikan terlebih dahulu bahwa anggaran yang dimiliki cukup. Jika calon pengantin ingin menggunakan cincin emas, maka mereka harus mempertimbangkan berat emas yang akan digunakan. Semakin besar berat emasnya, maka secara otomatis harganya juga akan semakin mahal pula. Jadi, pikirkan tentang hal ini sebaik mungkin.

Jika anggaran yang tersedia sangat pas-pasan, maka sebaiknya membeli cincin dengan berat emas yang kecil saja asalkan lingkarnya muat untuk dipasangkan di jari masing-masingcalon mempelai. Tenang saja, ini tidak akan mengurangi kesakralan pernikahan karena sebuah ikatan suci cinta tidak akan bisa dirusak hanya karena mengenakan cincin dengan harga murah dan kecil.

3. Mempertimbangkan Pemilihan Desain Cincin

Mempertimbangkan Pemilihan Desain Cincin

Cincin pernikahan menjadi barang yang sacral bagi setiap pasangan suami istri. Oleh sebab itu, sebelum membelinya, maka calon pengantin harus memilih desain yang unik dan tiada duanya sehingga tidak ada satu pun orang yang akan memiliki cincin yang sama dengan kepunyaan mereka. Tentunya, untuk mendapatkan cincin limited edition, mereka harus memesan terlebih dahulu di toko perhiasan.

Menyoal tentang harga, cincin pernikahan custom memang lebih mahal daripada calon pengantin membelinya dalam keadaan jadi. Namun begitu, cincinnya sudah pasti berkualitas dan dijamin tidak akan ada yang menyamai desainnya. Bagi calon pengantin yang ingin membuat seserahan dengan kombinasi cincin yang cantik bisa menggunakan jasa seserahan serustic.id.

4. Tawarlah Harga Cincin Semurah Mungkin

Setiap orang pasti menginginkan harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik ketika mereka membeli barang. Nah, prinsip tersebut juga harus diterapkan ketika pasangan calon pengantin membeli atau memesan cincin pernikahan mereka. Menawar harga merupakan suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan supaya tidak tertipu dengan harga mahal yang ditawarkan oleh penjual.

Jangan malu untuk menawar harga cincin walaupun calon pengantin membelinya di toko perhiasan besar yang sudah sangat terkenal. Sebab, biasanya jika ada oknum atau karyawan nakal, maka mereka akan menaikkan harga sesuka hati demi mendapatkan keuntungan pribadi. Nah, ketika pembeli tidak tau perihal harga dan tidak sadar dengan itu semua, pasti mereka akan ditipu.

5. Pertimbangkan Fluktuasi Harga Emas

Jika calon pengantin ingin berinvestasi dengan cincin pernikahan mereka, maka sebaiknya ketika waktu pembelian harus memperhatikan fluktuasi harga emas sebaik mungkin. Jika pada saat itu harga emas sedang mengalami kenaikan berarti, maka bsia jadi bahwa investasi tersebut tidak akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Sebaliknya, jika saat pembelian cincin harga emas sedang mengalami penurunan, maka inilah kesempatan yang sangat baik untuk membeli emas sebanyak-banyaknya. Nantinya, calon pengantin dapat menjual cincin pernikahan mereka ketika harga emas sedang melambung tinggi sehingga mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan tersebut. Lumayan, bukan?

6. Bandingkan Harga dari Satu Toko dengan Toko Lain

Saat membeli cincin, jangan langsung percaya dengan harga yang diberikan oleh satu toko saja. Lebih baik calon pengantin survey terlebih dahulu ke beberapa toko perhiasan untuk membandingkan harga-harga di sana. Hal ini lebih efektif untuk dilakukan agar mendapatkan barang yang berkualitas denga harga yang terjangkau dan tidak khawatir terkena penipuan.

Sebab, banyak sekali calon pengantin yang mendapatkan harga cincin nikah terlalu mahal dari harga pasarannya sehingga ketika hal tersebut dijual, maka akan mengalami kerugian yang sangat banyak. Maka dari itu, melakukan survey harga cincin pernikahan baik yang menggunakan emas, perak, berlian, dan lain sebagainya sangat direkomendasikan.

7. Mempertimbangkan Pembelian Cincin Secara Online

Mempertimbangkan Pembelian Cincin Secara Online

Jika calon pengantin belum menemukan harga, ukuran, atau desain yang cocok di toko perhiasan offline, maka mereka bisa mempertimbangkan untuk membeli cincin secara online. Tentunya, toko online yang dipilih harus terpercaya dan menjamin garansi kerusakan barang agar jika terjadi kerusakan atau masalah, hal tersebut bisa ditukarkan.

Biasanya, harga cincin di toko online akan relative lebih murah. Calon pengantin juga bisa melakukan custom sesuai dengan ukuran jari mereka dan juga request desain sesuka hati. Akan tetapi, dalam pembelian cincin secara online memang harus benar-benar dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika perlu selidikilah track record dari toko yang menjual agar tidak akan terjadi penipuan.

8. Mempertimbangkan untuk Membeli Cincin Bekas

Jikalau calon pengantin mempunyai budget yang pas-pasan, tetapi tetapi ingin memiliki cincin pernikahan bersama pasangan, maka membeli cincin bekas bisa dijadikan sebagai alternative terbaiknya. Hal ini tentunya harus mendapat persetujuan dari calon suami atau istri agar tidak terjadi kekecewaan diantara mereka. Walaupun bekas, tapi tenang saja karena cincin pernikahan tersebut masih dalam keadaan baik dan dijual dengan karat yang tetap di toko emas.

Hanya saja, cincin pernikahan bekas sudah pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya. Di samping itu, calon pengantin juga tidak bisa memilih desain sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah besar jika ukuran cincinya pas di jari dan kondisi emas dalam keadaan baik serta berkualitas.

Demikianlah pembahasan gamblang yang dapat disampaikan dalam artikel ini mengenai tips memilih cincin nikah yang berkualitas dan bisa awet hingga puluhan tahun. Semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi serta acuan bagi para calon pengantin dalam memilih cincin pernikahan sebagai tanda ikatan suci di antara keduanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.