gedung pernikahan

Panduan Cara Memilih Gedung Pernikahan Yang Tepat dan Benar

Gedung pernikahan jadi salah satu hal penting yang harus dipikirkan dengan matang buat para calon pengantin yang mau menikah. Apalagi buat calon pengantin yang memang berencana menggelar pesta dalam skala yang cukup besar dan tamu undangannya banyak. Buat booking gedung pernikahan juga nggak bisa dilakukan dalam waktu yang cepat loh, jadi ada baiknya jika mencari gedung jauh-jauh sebelum hari pernikahan tiba. Bisa 3 bulan sebelumnya bahkan 6 bulan sebelum tanggal pernikahan.

Cara Memilih Gedung Pernikahan yang Benar

Nah, untuk pasangan calon pengantin yang akan menikah dan membutuhkan gedung, berikut ini ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan memilih gedung yang tepat buat acara sakral kalian. Apa aja sih?

1. Budget

Hal pertama yang harus dipikirkan saat memilih gedung adalah budget yang kita miliki. Jangan sampai pemilihan gedung membuat kita over budget dan malah menjerumuskan pada utang. Duh, baru juga dapat buku nikah malah harus mikirin cicilan, atau jangan-jangan anak sudah lahir tetapi utang pernikahan belum selesai. Nggak banget, dong?

Contoh perhitungan yang tepat tuh seperti ini. Misal, kita menyediakan budget sebesar 125 juta rupiah, maka usahakan mencari gedung yang mematok harga antara 100-115 juta rupiah. Sementara sisa budget bisa digunakan untuk berjaga-jaga seandainya ada biaya tak terduga. Jangan memaksakan diri, sesuaikan saja dengan kemampuan.

2. Konsep Acara

Konsep Acara

Setiap orang pasti punya wedding dream atau konsep pernikahan mereka tersendiri. Entah itu pernikahan ala-ala princess, atau konsep lainnya. Nah, apapun pilihannya, jangan lupa membawa seserahan dengan konsep yang sesuai dan unik. Jika repot harus bikin seserahan sendiri, direkomendasikan menggunakan jasa seserahan www.serustic.id.

Selain sudah berpengalaman di bidangnya, mereka juga memiliki banyak pilihan konsep yang oke banget. Nggak hanya bisa mewujudkan impian, tetapi mereka juga nggak segan-segan memberi masukan, lho. Sekali pilih, nggak perlu cari ke mana-mana lagi. So, pasti irit waktu dan budget banget. 

3. Lokasi

Jangan berpikir proses menyewa gedung pernikahan itu semudah kelihatannya. Tinggal pesan, gunakan, beres. Nggak bisa gitu, kita harus melakukan beberapa tahapan, mulai dari penyusunan konsep sampai proses eksekusi. Kalau mau hasil yang diberikan sesuai impian, maka kita harus tetap melakukan pemantauan.

Nah, kalau jarak gedung jauh dari tempat tinggal, pasti akan sangat merepotkan dan membuang waktu untuk bolak-balik ke sana. Selain itu, kesalahan dalam pemilihan lokasi juga bisa menghambat para tamu undangan.

Oleh karena itu, pastikan akses kendaraan mudah, baik menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, maupun kendaraan umum. Jika acara diadakan pas musim penghujan, maka pertimbangkan juga kawasan gedung, jangan-jangan rawan banjir lagi. Nggak lucu dong, mau kondangan tapi tamunya pada angkat gaun.

4. Daya Tampung Tamu

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah daya tampung gedung. Untuk proses awal, hitung tamu yang akan diundang, panitia penyelenggara, serta kerabat dekat. Jangan lupa, beri sedikit space untuk kemungkinan tamu yang datang dengan anak-anaknya.

Misal, perkiraan tamu sebanyak 700 undangan, maka sediakan tempat yang mampu menampung hingga 1.000 orang. Tak hanya dari dalam saja, situasi dan kondisi di luar gedung juga harus diperhatikan dengan baik, misal daya tampung parkir kendaraan. Dengan memperhitungkan hal ini dengan matang, acara pernikahan yang kamu gelar bisa berjalan lancar.

5. Fasilitas Penunjang

Fasilitas penunjang yang dimiliki gedung juga harus ikut dipertimbangkan. Selain lahan parkir yang luas, perhatikan juga ketersediaan toilet, mushola, ruang make-up, dan lain-lain. Fasilitas yang lengkap memiliki pengaruh cukup besar dalam kelancaran acara.

Coba bayangkan, saat ada tamu undangan yang tiba-tiba merasa sakit perut. Pasti rasanya nggak nyaman banget, kalau fasilitas toilet nggak memadai. Akhirnya, bukan nggak mungkin juga kita akan menjadi bahan gosip, hanya gara-gara toilet nggak berfungsi.

6. Vendor Rekanan

Saat kita akan menyelenggarakan acara resepsi pernikahan, maka yang dibutuhkan nggak hanya gedung saja. Selain dekorasi, kita juga butuh baju pengantin, tata rias, fotografer, hingga ke menu makanan. Setiap gedung biasanya memiliki kebijakan masing-masing, misal harus menggunakan jasa rekananan yang mereka miliki.

Jika rekanan tersebut sudah terekomendasi alias jaminan mutu, tentu bukan masalah besar menggunakan mereka. Namun, akan jadi masalah jika rekanan tersebut nggak sesuai dengan konsep yang ingin kita usung.

Misal, kita ingin sediakan makanan khas Padang, tetapi perusahaan rekanan nggak bisa memasak. Ingin menggunakan jasa catering lain, tetapi ternyata pihak gedung mengenakan denda atau kompensasi. Ujung-ujungnya pasti keluar duit lagi. Repot, kan?

7. Acara Pernikahan Lain

Bisnis penyewaan gedung memang menjadi peluang cukup menggiurkan, terutama di kota-kota besar. Hal ini yang menjadi alasan pemilik gedung untuk menyediakan beberapa ruangan yang bisa disewakan. Memang untung di mereka, tetapi bagi kita perlu dipertimbangkan lagi.

Semakin banyak acara yang terselenggara, tentu akan memicu kericuhan. Entah tamu undangan yang salah tempat, kesulitan mencari area parkir, ataupun berdesakan. Oleh karena itu, penting untuk bertanya terlebih dulu tentang jadwal acara yang akan diselenggarakan bersamaan dengan resepsi kita.

Bagaimana Cara Mendapatkan Gedung yang Tepat?

Bagaimana Cara Mendapatkan Gedung yang Tepat?

Mencari gedung resepsi yang sesuai dengan keinginan ataupun budget memang nggak gampang. Apalagi belum memiliki pengalaman tentang dunia sewa-menyewa gedung, pasti tambah pusing. Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan gedung yang tepat?

1. Cari Referensi

Cara pertama yang paling ampuh, yaitu mencari referensi dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Alangkah lebih baik, kalau referensi tersebut datang dari orang yang pernah menggunakan gedung tersebut secara langsung. Pasalnya, informasi yang diperoleh akan lebih akurat dan sesuai dengan kenyataan.

2. The Power of Google

Cara yang selanjutnya yaitu menggunakan fitur yang ada pada smartphone, yaitu Google atau browser. Carilah gedung yang memiliki informasi terlengkap dan feedback positif. Hati-hati, sekarang ada banyak akun palsu yang dimanfaatkan untuk mengangkat popularitas.

3. Menggunakan Jasa Wedding Organizer

Tak mau terlalu ribet dengan urusan pernikahan? Serahkan saja pada jasa wedding organizer. Mereka terbilang lebih recommended, karena pasti memiliki rekanan yang terpercaya. Hanya satu hal yang perlu kita pastikan, yaitu kredibilitas WO tersebut. Jangan sampai terjadi seperti kisah di atas, ya.

4. Datang ke Pameran Wedding

Di kota-kota besar, biasanya suka ada pameran pernikahan. Jika punya waktu luang, datanglah untuk melihat-lihat acara tersebut. Biasanya ada beberapa perusahaan yang suka memberikan harga promo, lho. Dan satu lagi, pastikan calonnya ada. Hehehe.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencari gedung pernikahan, beserta dengan cara mendapatkannya. Lakukan proses ini jauh-jauh hari, agar kamu memiliki cukup waktu untuk membuat perbandingan. Kesabaranmu pasti berbuah manis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.